Setiap makhluk Allah SWT tiada yang sempurna, termasuk komputer. Manusiasaja yang merupakan ciptaan Allah secara langsung tidak ada yang sempurna,apalagi komputer yang merupakan buatan manusia.

Virus, hal yang sudah tidak asing bagi para pengguna komputer. Ini merupakansalah satu hal yang ditakutkan oleh para user. Selain sangat mengganggu kerjakomputer, virus pun bisa merusak hardware dan bahkan ada yang digunakan untuktujuan kejahatan.

Namun, Allah SWT menciptakan segalanya tidak ada yang sia-sia. Dibalikkejahatannya, virus pun ternyata menghasilkan uang dengan terciptanyaAnti-Virus. Yah, walaupun tidak bisa dipungkiri, pembuat Anti-Viruslah yangmembuat virus tersebut.


DAFTAR ISI
(Gunakan Ctrl+F pada browser anda)


1) Definisi dan Sejarah
2) Jenis-jenis Virus
3) Tanda-tanda Komputer yang Terserang Virus
4) Media Penyebaran Virus
5) Menanggulangi Virus Komputer
6) Beberapa Virus Komputer paling Merusak di Dunia
7) Beberapa Software Antivirus Terkemuka di Dunia



1) Definisi dan Sejarah

Virus komputer merupakan program komputer yang dapat menggandakan atau menyalin dirinya sendiri dan menyebar dengan cara menyisipkan salinan dirinya ke dalamprogram atau dokumen lain. Virus komputer dapat dianalogikan dengan virus biologis yang menyebar dengan cara menyisipkan dirinya sendiri ke sel makhluk hidup. Virus komputer dapat merusak (misalnyadengan merusak data pada dokumen), membuat pengguna komputer merasa terganggu,maupun tidak menimbulkan efek sama sekali.



Virus komputer umumnya dapat merusak perangkat lunak komputer dan tidak dapat secara langsung merusak perangkat keras komputer tetapi dapat mengakibatkan kerusakan dengan caramemuat program yang memaksa over process ke perangkat tertentu. Efek negatif virus komputer adalahmemperbanyak dirinya sendiri, yang membuat sumber daya pada komputer (sepertipenggunaan memori) menjadi berkurang secara signifikan. Hampir 95% viruskomputer berbasis sistem operasi Windows. Sisanya menyerang Linux/GNU, Mac, FreeBSD, OS/2 IBM, dan Sun Operating System. Virus yang ganas akan merusak perangkatkeras.


Virus komputer pertama kalinya tercipta bersamaan dengan komputer. Pada tahun 1949, salah seorang pencipta komputer, John von Newman, yang menciptakan Electronic Discrete Variable Automatic Computer (EDVAC), memaparkan suatu makalahnya yang berjudul “Theory and Organization of Complicated Automata”. Dalam makalahnya dibahas kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya. Perkembangan virus komputer selanjutnya terjadi di AT&T Bell Laboratory salah satu laboratorium komputer terbesar di dunia yang telah menghasilkan banyak hal, seperti bahasa C dan C++.1 Di laboratorium ini, sekitar tahun 1960-an, setiap waktu istirahat para peneliti membuat permainan dengan suatu program yang dapat memusnahkan kemampuan membetulkan dirinya dan balik menyerang kedudukan lawan. Selain itu, program permainan dapat memperbanyak dirinya secara otomatis. Perang program ini disebut Core War, yaitu pemenangnya adalah pemilik program sisa terbanyak dalam selang waktu tertentu. Karena sadar akan bahaya program tersebut, terutama bila bocor keluar laboratorium tersebut, maka setiap selesai permainan, program tersebut selalu dimusnahkan.


Sekitar tahun 1970-an , perusahaan Xerox memperkenalkan suatu program yang digunakan untuk membantu kelancaran kerja. Struktur programnya menyerupai virus, namun program ini adalah untuk memanfaatkan waktu semaksimal mungkin dan pada waktu yang bersamaan dua tugas dapat dilakukan. Pada tahun 1980-an, perang virus di dunia terbuka bermula atas pemaparan Fred Cohen, seorang peneliti dan asisten profesor di Universitas Cincinati, Ohio. Dalam pemaparannya, Fred juga mendemonstrasikan sebuah program ciptaannya, yaitu suatu virus yang dapat menyebar secara cepat pada sejumlah komputer. Sementara virus berkembang, Indonesia juga mulai terkena wabah virus. Virus komputer ini pertama menyebar di Indonesia juga pada tahun 1988.


Virus yang begitu menggemparkan seluruh pemakai komputer di Indonesia, saat itu, adalah virus ©Brain yang dikenal dengan nama virus Pakistan.



2) Jenis-jenis Virus


Virus komputer adalah sebuah istilah umum untuk menggambarkansegala jenis serangan terhadap komputer. Dikategorikan dari cara kerjanya,virus komputer dapat dikelompokkan ke dalam kategori sebagai berikut :


  • Worm -Menduplikatkan dirinya sendiri pada harddisk.Ini membuat sumber daya komputer (Harddisk) menjadi penuh akan worm itu.
  • Trojan -Mengambil data pada komputer yang telah terinfeksi dan mengirimkannya padapembuat trojan itu sendiri.
  •  Backdoor - Hampirsama dengan trojan. Namun, Backdoor bisanya menyerupai file yang baik-baiksaja. Misalnya game.
  • Spyware - Virusyang memantau komputer yang terinfeksi.
  • Rogue -merupakan program yang meniru program antivirus dan menampilkan aktivitas layaknyaantivirus normal, dan memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanyavirus. Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi programantivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan viruslain.
  • Rootkit - Virusyang bekerja menyerupai kerja sistem komputer yang biasa saja.
  • Polymorphic virus -Virus yang gemar beubah-ubah agar tidak dapat terdeteksi.
  • Metamorphic virus -Virus yang mengubah pengkodeannya sendiri agar lebih sulit dideteksi.
  • Virus ponsel -Virus yang berjalan di telepon seluler, dan dapat menimbulkan berbagai macamefek, mulai dari merusak telepon seluler, mencuri data-data di dalam teleponseluler, sampai membuat panggilan-panggilan diam-diam dan menghabiskan pulsapengguna telepon seluler.
3) Tanda-tanda Komputer yang Diserang Virus
 
Lazimnya virus komputer hanya boleh dikesan oleh anti-virus, namun begitu jika komputer anda mengalami tanda-tanda berikut, adalah besar kemungkinan komputer anda telah diserang virus. Berikut beberapa tanda-tanda komputer yang terserang virus :

Disket/Flashdisk

  1. Terdapat bad sector pada disket 
  2. File di dalam disket tiba-tiba saja tidak bisa dibuka atau bahkan di-hidden.
  3. Terdapat message di dalam directory disket anda. 
  4. Volume label telah berubah 
  5. Jumlah size file berubah sedangkan anda tidak menggunakan file tersebut. 
Harddisk
  1. Harddisk mengambil masa yang lama untuk boot. 
  2. Terdapat file yang tidak bisa di-read dan di-write atau bahkan di-hidden.
  3. Terdapat bad sector 
  4. Terdapat directory atau file baru yang dicipta tanpa sepengetahuan anda. 
  5. Jumlah size file berubah. 
Komputer
  1. Terdapat message yang dipaparkan pada screen
  2. Speaker memainkan musik otomatis.
  3. Pertambahan macro pada file-file word, excel dan sebagainya tanpa sepengetahuan anda.
  4. Not Responding/Hang.
  5. Komputer sering me-restart sendiri.
4) Media Penyebaran Virus

  1. Software
  2. File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.
  3. Media Penyimpanan (disket, flashdisk, harddisk eksternal, zipdisk, cd, dvd, bluray disc, dan lain sebagainya)
  4. Jaringan LAN, WAN, MAN, internet dan lain sebagainya.



5) Menanggulangi Virus Komputer


Jika Anda mengkhawatirkan keamanan komputer dan data Anda, berikut adalah tujuh langkah mudah yang dapat membantu melindungi dan mengamankan semua yang telah Anda kerjakan dengan susah payah ke dalam komputer Anda.


1.  Gunakan sistem operasi asli/bukan bajakan dan software-software asli.

2.  Gunakan firewall internet.
Jika Anda tidak menggunakan firewall, para penyerang dapat menemukan dan menyerang komputer Anda dalam waktu 15 menit setelah Anda terhubung ke internet. Jika Anda menggunakan akses Internet yang “selalu terhubung”, seperti cable modem atau DSL, Anda harus memasang firewall dan selalu memperbaruinya.


Terdapat 2 macam firewall: perangkat keras dan perangkat lunak. Firewall berbasis perangkat keras biasanya merupakan suatu router atau suatu komputer pribadi yang telah diatur untuk bertindak sabagai firewall bagi seluruh jaringan di rumah Anda. Saat ini, bagaimanapun juga, banyak firewall internet yang digunakan di rumah dan perusahaan kecil berbasis perangakat lunak. Firewall semacam ini bisa didapatkan dari pihak ketiga, seperti Zone Labs’ ZoneAlarm. Atau mungkin perangkat ini telah langsung terpasang dalam sistem operasi Anda, seperti ICF (Internet Connection Firewall) atau Windows Firewall pada Microsoft Windows XP, tergantung dari service pack yang telah Anda pasang.


3.  Perbarui sistem operasi komputer Anda.

Begitu firewall Anda terpasang, jagalah agar perangkat lunak paling mendasar komputer Anda– yaitu sistem operasinya — terus diperbarui dengan menggunakan perangkat lunak peng-update terbaru Anda. Kelalaian dalam melakukan hal ini akan mengakibatkan komputer Anda dalam keadaan yang sangat rentan karena kelalaian pada sistem operasi biasanya diketahui dan menjadi target para hacker dan cracker.


Jika Anda menggunakan sistem operasi terbaru, seperti Windows XP, Anda dapat menggunakan fitur Windows Update untuk secara manual men-download dan memasang update dari situs Microsoft Windows Update. Untuk secara otomatis men-download updates saat ini dan akan datang, aktifkan fitur Automatic Updates dengan mengklik Start > Control Panel > Security Center.


4.  Manfaatkan perangkat lunak antivirus Anda sebaik-baiknya.

Program perangkat lunak antivirus membantu melindungi komputer Anda terhadap sebagian besar virus, worms, Trojan horse, dan kode berbahaya lainnya. Banyak komputer baru telah dilengkapi dengan perangkat lunak antivirus. Tetapi, perangkat lunak antivirus harus diperbarui secara berkala, yang biasanya mengharuskan Anda untuk berlangganan pada perangkat lunak pembuatnya. Jika Anda tidak berlangganan untuk memperbarui perangkat lunak antivirus Anda, maka komputer Anda akan rentan terhadap ancaman baru. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memasang perangkat antivirus, gunakan, dan jaga agar tetap diperbarui. Update biasanya tersedia minimal seminggu sekali.


Setalah Anda memasang perangkat lunak antivirus, aturlah untuk melakukan pengecekan terhadap semua data yang ada, data-data yang masuk dan di-download, pesan email, dan lampirannya. Aktifkan jadwal “check for updates” untuk pengecekan harian.


5.  Mencegah spyware, adware, dan spam.

Banyak situs dan perangkat lunak gratis yang memata-matai para pengguna dan melaporkan kegiatan-kegiatan mereka kepada pihak ketiga yang kemudian menggunakan informasi tersebut untuk mengirimkan banyak email spam. Jika Anda menjelajahi internet, komputer Anda akan dimasuki spyware dan adware. Jika Anda berbagi data atau mengirimkan pesan singkat, Anda akan mendapatkan spyware dan adware lebih cepat lagi.


Perlindungan terbaik melawan spyware dan adware adalah dengan tidak men-download-nya dari awal. Untuk melindungi komputer Anda agar tidak men-download program yang membahayakan:

  1. Download program hanya dari situs yang Anda percayai 
  2. Baca semua peringatan keamanan, perjanjian lisensi, dan pernyataan privasi dari setiap program yang akan di-download. 
  3. Jangan pernah meng-klik Agree atau OK untuk menutup suatu window. Sebaliknya, klik tanda X merah pada sudut kanan atas window atau tekan Alt+F4 pada keyboard Anda untuk menutup suatu window yang mencurigakan. 
  4. Berhati-hatilah dalam menggunakan program berbagi file musik dan film “cuma-cuma”, dan pastikan bahwa Anda sepenuhnya mengerti semua perangkat lunak yang menjadi satu paket pada program-program tersebut.
Untuk meminimalisasi spam, pertimbangkan pilihan-pilihan berikut:

  1. Tanyakan pada penyedia layanan Internet Anda untuk memastikan bahwa mereka menjalankan suatu tipe penyaring spam dan antivirus. 
  2. Atur penyaring email dalam email client Anda (seperti Outlook Express, Eudora, dan lain-lain). Beberapa penyaring spam menandai email yang merupakan spam dengan memberikan tanda ***SPAM*** pada baris subyeknya. Yang lain meletakkan tanda X_SPAM atau judul serupa pada format area pesan tersebut. Anda dapat mengatur penyaring untuk menemukan pesan-pesan ini dan memindahkannya pada tempat terpisah agar Anda dapat menghapusnya kapan saja. 
  3. Gunakan produk pihak ketiga, seperti Cloudmark Safety Bar, SpamAssassin, dan Bayesian Mail Filter, yang secara otomatis memindahkan spam yang dikenali dan menempatkannya dalam tempat yang terpisah untuk Anda.
6.  Pilih pop-up blocker terpercaya

Anda sebaiknya memasang sebuah pop-up blocker, seperti Google toolbar atau StopZilla, pada browser Anda atau gunakan browser alternatif (Mozilla, Firefox, atau Opera) yang memiliki pop-up blocker didalamnya. Sebaiknya Anda menghindari program gratis dari vendor yang tidak jelas. Banyak program gratis yang mengandung spyware di dalamnya. Mereka mengiklankan bahwa mereka dapat melakukan sesuatu yang Anda inginkan, tetapi dibalik itu, mereka mengandung program yang dapat membahayakan komputer Anda.


Tip: Jika Anda menjalankan Windows XP dengan Service Pack 2, aktifkan Pop-up Blocker pada Internet Explorer. Anda dapat melakukannya dengan mengklik Tools > Pop-up Blocker > Turn on Pop-up Blocker.


Cara terbaik untuk menghentikan pop-up adalah dengan tidak pernah mengijinkan mereka memasang diri mereka pada komputer Anda sejak awal. Anda dapat melakukan hal ini dengan menghindari situs yang tidak jelas, dan jangan pernah men-download dan memasang program dari sumber yang tidak terpercaya.


7.  Lindungi komputer dan data Anda secara fisik
 
Hal terakhir yang tidak kalah pentingnya, pastikan bahwa komputer dan data yang ada didalamnya aman secara fisik.


Buat backup salinan: Agar backup mudah dan cepat untuk dilakukan, atur semua dokumen dan data Anda pada folder yang benar. Kemudian Anda dapat dengan mudah menyalin semuanya pada Zip drive, CD, atau DVD, atau gunakan program atau layanan backup.


Jagalah keamanan backup Anda: Simpan media backup Anda diluar komputer: misalnya dengan menitipkannya pada teman atau keluarga, dalam kotak safety deposit, atau secara online dengan menggunakan layanan backup yang terpercaya.

6) Beberapa Virus Komputer Paling Merusak di Dunia
1.  ILOVEYOU – Kerugian $ 15.000.000.000
Worm ini berasal dari Manila, Filipina pada tanggal 4 Mei 2000 dan menyebar ke seluruh dunia dalam satu hari, pindah ke Hong Kong, kemudian ke Eropa dan Amerika Serikat, menyebabkan kerugian ekonomi sekitar $ 5,5 miliar dalam jangka waktu kurang dari 2 minggu. Pada tahun 2000, 50 juta orang telah melapor terinfeksi virus ini. Dalam rangka untuk membebaskan diri dari virus ini, Pentagon, CIA, dan Parlemen Inggris harus menutup sistem email mereka;. Seperti yang dilakukan kebanyakan perusahaan besar dunia.

Worm ini menimpa file penting – file musik, file multimedia, dan banyak lagi – dengan salinan dirinya. Virus ini juga mengirim worm ke lima puluh orang pertama dalam daftar buku teman. Karena ditulis dalam Visual Basic Script dan dihubungkan dengan Buku Alamat Windows Outlook, worm ini hanya mempengaruhi komputer yang menjalankan sistem operasi Microsoft Windows.


2.  Sobig.F – Kerugian $ 37.000.000.000

Virus komputer ini menyebabkan kerugian miliaran dolar dengan mengulur-ulur atau benar-benar menabrak gateway Internet dan server email, sehingga tanpa ampun memperlambat akses internet global. Virus Ini dapat mengirim lebih dari satu juta salinan dari dirinya sendiri hanya dalam beberapa jam. Pada September 2003, virus ini telah diprogram untuk menonaktifkan dirinya sendiri. Dan akhirnya virus ini berhenti mengancam dunia dengan sendirinya.


3.  MyDoom – Kerugian $ 38.000.000.000

Mulai menyerang tanggal 1 Februari 2004, virus ini membuat backdoor di OS. Pertama kali tanggal 1 itu mulai DDoS. Kedua, tanggal 12 Feb, virus ini berhenti menyebar dan mulai buat backdoors. MyDoom menyebar via email, selain itu selalu search di search engines, seperti Google mulai menerima jutaan permintaan pencarian dan bikin lambat sampai akhirnya crash. Gara-gara MyDoom, Senator US Chuck Schumer mengajukan pembuatan National Virus Response Center.

7) Beberapa Software Antivirus Terkemuka di Dunia
1.  Bitdefender Antivirus

Spesifikasi Dan Harga :

  1. Threat Detection : Virus, Worm, Trojan, Spyware, Malware, Rootkit.
  2. Additional Protection : Browser exploit, OS exploit, Keyloggers, inbound email protection, outbond email protection, instant messaging protection, p2p/file sharing, registry startup protection, dialers, backdoors, hackers, phising, identity theft protection, adware, activex, vulnerabilities, cookies, scripts, full web protection, auto usb detect.
  3. Protection Technology : Virus signatures, whitelisting, heuristic, real time.
  4. Supported OS : XP (32 & 64 bit), Vista (32 & 64 bit), Windows 7 (32 & 64 bit)
  5. Price : $ 29.95

2.  Kaspersky Antivirus


Spesifikasi Dan Harga :

  1. Threat Detection : Virus, Worm, Trojan, Spyware, Malware, Rootkit.
  2. Additional Protection : Browser exploit, OS exploit, Keyloggers, inbound email protection, outbond email protection, instant messaging protection, p2p/file sharing, registry startup protection, dialers, backdoors, hackers, phising, identity theft protection, adware, activex, vulnerabilities, cookies, scripts, full web protection, auto usb detect.
  3. Protection Technology : Virus signatures, blacklisting, whitelisting, heuristic, real time, security network.
  4. Supported OS : XP (32 & 64 bit), Vista (32 & 64 bit), Windows 7 (32 & 64 bit)
  5. Price : $ 59.95

3.  Webroot Antivirus

Spesifikasi Dan Harga :

  1. Threat Detection : Virus, Worm, Trojan, Spyware, Malware, Rootkit.
  2. Additional Protection : Browser exploit, OS exploit, Keyloggers, inbound email protection, outbond email protection, instant messaging protection, p2p/file sharing, registry startup protection, dialers, hackers, identity theft protection, adware, activex, cookies, scripts, spam.
  3. Protection Technology : Virus signatures, blacklisting, whitelisting, heuristic, real time, security network.
  4. Supported OS : XP (32 bit), Vista (32 & 64 bit), Windows 7 (32 & 64 bit)
  5. Price : $ 29.95

Source : Sistem Informasi, Berita Unik, Wikipedia, Organisasi, Yanuar, Forumkami
Images Source : Google Images

Posting Komentar

Copyright © 2012 Projects / Template by : Urangkurai